Jumat, 06 April 2012

Agar Tidak Menjadi Orang-Orang yang Merugi

Dalam Q.S. al-`Ashr ayat 1-3 Allah swt befirman, diawal ayat ini Allah telah bersumpah, demi massa (وَالْعَصْرِ). ini menggambarkan kepada kita bahwa begitu pentingnya waktu untuk kita manfaatkan sebaik-baiknya. Setelah bersumpah, Allah swt juga mengatakan bahwa manusia itu dalam keadaan merugi. Jadi jelaslah bagi kita, dari segi waktu manusia itu merugi. Jadi, apa yang harus kita lakukan agar kita tidak termasuk orang-orang yang merugi?
Menurut Allah dalam Surat al-`Ashr ini, agar kita tidak menjadi orang-orang yang merugi adalah:
1.       Beriman (امنوا), ini artinya bahwa rukun iman harus tertanam dalam hati kita.
2.      Beriman saja tidak cukup bagi kita untuk tidak merugi. Menurut Hasan al-Banna “tidak berarti apa-apa iman seseorang jika iman yang ada pada dalam hatinya tidak bisa membuatnya mengerjakan amal shaleh. Jadi yang kedua adalah mengerjakan amal shaleh (عملواالصلحت).
3.   Beriman dan beramal shaleh belum juga cukup untuk kita tidak merugi. Karena tuntutan kita sebagai umat muslim adalah memberi nasihat antara satu sama lain. Ini merupakan kewajiban masing-masing kita (fardhu `ain). Yang ketiga yang mesti kita lakukan adalah (تواصوابالحق) naihat menasihati dalam kebenaran.
4.     Beriman, beramal shaleh dan nasihat menasihati dalam kebenaran ternyata juga belum cukup agar kita tidak merugi.  Karena kita tau, untuk mengingatkan orang lain ataupun menyampaikan dakwah itu mempunyai tantangan yang besar. Maka Allah menuntut kita untuk تواصوبالصبر (naihat menasihati dalam kesabaran).
Ini lah yang mesti kita lakukan agar tidak menjadi orang-orang merugi. Mari kita saling mengingatkan antara satu sama lain. “Thanks”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar